Langsung ke konten utama

Terima Kasih "Mengancam" Pers

Terima kasih Aa' Gym. Sebelumnya perlu diketahui saya bukanlah penggemar anda dan saya juga bukan salah satu dari orang-orang yang sering mendengarkan ceramah anda, saya hanya mengenal anda melalui media, dan juga pernah (tapi jarang sekali) mendengarkan Mauidhoh Hasanah (penuturan yang baik) anda.

Beberapa waktu lalu saya menonton sebuah acara infotainment yang memberitakan tentang anda, dengan judul yang cukup heboh ala wartawan "Aa Gym mengutuk wartawan". Isinya bisa ditebak, pemberitaan tentang anda sewaktu mengancam wartawan akan besarnya dosa orang yang memberitakan keburukan orang lain, padahal pemberitaan tersebut belum tentu benar. Lebih berat daripada berzina, wah saya sedikit ngeri mendengar anda mengucapkan kata-kata itu dengan gaya yang sepertinya tidak pernah saya lihat dalam diri Aa Gym.

Saya sangat berterima kasih kepada anda karena telah mengingatkan wartawan untuk berhati-hati dalam menulis berita, karena semenjak dihapuskannya Dep. Penerangan hampir tidak ada kontrol terhadap mass media. Tidak seperti zaman orde baru yang penuh dengan ancaman cekal dan penculikan. Saya teringat dulu pernah ada pemberitaan dari mass media terhadap beberapa public figur, yang saya kira cukup kontroversial. Gus Dur dikabarkan selingkuh dengan Aryanti Boru Sitepu, Amin Rais juga dikabarkan berselingkuh dengan Zarima mantan gembong narkoba kelas kakap (yang lumayan cantik). Dua tokoh besar keagamaan dikabarkan begitu keji, dan akhirnya kabar itupun hilang begitu saja ditelan zaman. Saya ingat waktu itu mereka dengan keikhlasan dan ke-legowo-an hatinya menerima pemberitaan seperti itu, dan menganggapnya sebagai resiko sebagai public figur, tidak seperti anda yang mengingatkan wartawan apalagi dengan ancaman neraka untuk dosa yang lebih besar daripada zina.

Pernah juga ada yang mengingatkan para wartawan (terutama wartawan infotainment) dengan cara yang sedikit ekstrim. Hasil Muktamar NU tahun lalu memutuskan infotainment dan pemberitaan sejenis dihukumi haram dengan berbagai pertimbangan, namun apa yang terjadi, seakan-akan seluruh Indonesia bersatu padu menentang keputusan tersebut padahal keputusan tersebut adalah keputusan yang berdasarkan penggalian kitab Fiqh dan pertimbangan kondisi yang ada. Walhasil Rais Am NU harus tabayyun (menjelaskan) bahwa infotainment yang diharamkan adalah yang berniat untuk menjelekkan kredibilatas seseorang, sedangkan infotainment yang berniat untuk memperingatkan dan memberi pelajaran tetap saja tidak haram. Siapa yang tahu niat seseorang? Yang jelas niat mereka adalah untuk mencari uang, betul nggak?

Dengan kondisi yang ada saat ini, mungkin anda juga setuju dengan keputusan Muktamar NU tersebut.

Sekali lagi saya berterima kasih dengan anda karena telah mengingatkan semua orang bahwa anda adalah juga manusia yang berhak mempunyai kesalahan, dan bila kesalahan itu disebarluaskan maka orang yang menyebar luaskan itu akan mendapat dosa yang sangat besar. Mengingatkan bahwa pemberitaan buruk itu bila ternyata salah berarti sebuah kebohongan, dan bila ternyata benar maka itu adalah Ghibah yang mempunyai konsekwensi dosa yang sangat besar. Dan tentu saja anda tidak perlu menyebutkan ada beberapa pengecualian yang membuat pemberitaan buruk itu diperbolehkan, biar mereka sepenuhnya takut memberitakan keburukan anda dan kita semua. Bila memang mereka masih punya rasa takut terhadap dosa.

Allahumma Sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa Asyghili adh Dholimin bi adh Dholimin, wa Akhrijna min Bainihim Salimin, wa 'ala Aalihi wa Shohbihi Ajma'in

Komentar

Anonim mengatakan…
Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the GPS, I hope you enjoy. The address is http://gps-brasil.blogspot.com. A hug.
Anonim mengatakan…
hmm... komen di atasku ini spam ya? ^^
Via mengatakan…
Maaf, kalo boleh tanya shalawat yang di akhir itu namanya salawat apa ya?

Trims sebelumnya...
silahkan simak
http://salmande.blogspot.com/2011/10/mengkritisi-doa-shalawat-dzalimin.html
Download Lagu mengatakan…
Akhirnya ketemu juga syair nya

Download Lagu NDX AKA

Postingan populer dari blog ini

ternyata melanggar SUMPAH ........

Pernah suatu ketika Abu Bakar Ash-Shidiq salah satu sahabat nabi yang paling hebat, mendapat tamu pada jam makan. Tuan rumah yang baik tentu saja tidak akan meninggalkan tamunya dalam keadaan lapar, maka beliau pun menyuruh putranya untuk menyiapkan makanan untuk para tamunya tersebut. Sementara beliau sendiri lebih suka makan bersama putrinya dan menantunya yaitu Siti (Sayyidatina) 'Aisyah dan Rasulullah SAW. Akhirnya untuk urusan perjamuan makan diserahkan kepada putranya, sedangkan beliau pergi sejenak untuk makan bersama Rasulullah. Setelah makanan dihidangkan dan tamu dipersilahkan untuk makan, para tamu malah bertanya tentang Abu Bakar, kemudian putranya menjawab bahwa Abu Bakar saat itu sedang pergi ke rumah Rasulullah untuk makan, dan menyerahkan tanggung jawab perjamuan kepada putranya. Langsung saja para tamu tadi menolak untuk menyantap makanan yang telah dihidangkan kecuali sang tuan rumah (Abu Bakar) mau menyantapnya terlebih dahulu. Setelah selesai makan, Abu Bakar pu

Antara PHP, JSP dan ASP

PHP vs JSP vs ASP Tepat sekali ketiganya adalah bahasa pemrograman scripting serverside untuk aplikasi berbasis web, saya rasa tidak perlu menjelaskan lebih jauh tentang definisinya, ada banyak sekali artikel di internet yang membahas tentang hal tersebut. Saya hanya ingin membandingkan antara ketiga bahasa pemrograman tersebut. Tapi asal tahu saja, sekarang saya hanya mendalami PHP, sedangkan yang lain hanya saya dengar dan baca dari beberapa artikel. Mengapa memilih PHP? PHP merupakan bahasa scripting yang powerfull dan juga sangat sederhana, mudah dipelajari. Apalagi saya pertama kali belajar bahasa pemrograman menggunakan C, jadi bisa dikatakan sangat cocok sekali. Sebenarnya yang paling menarik dari PHP (menurut saya) adalah syntaxnya yang sangat simpel dan juga koneksi ke database MySQL yang cukup mudah. Kelebihan lain tentu karena harganya yang gratis, sehingga kita tidak perlu terikat lisensi apapun untuk membuat aplikasi berbasis web dengan PHP. Dan selanjutnya adalah dukunga

Rasulullah--seorang--Manusia

Tanggal 12 Rabiul Awwal kemarin, sewaktu peringatan Maulid Rasulullah saya mendapat banyak sekali sms dari temen-temen seperjuangan. Isinya tentu tidak jauh dari peringatan maulid dan sekaligus mengingatkan akan keagungan dan Syafaat yang selalu didambakan seluruh ummat Muslim di seluruh dunia. Tertegun sejenak saya kembali mengingat beberapa cerita tentang beliau sang Rasul agung, seorang yang telah mengeluarkan kita semua dari kekufuran menuju agama Rahmatan lil 'Alamin. Membawa kita dari kebiadaban moral Jahiliyyah menuju cahaya Akhlaqul Karimah yang merupakan puncak dari panji-panji keagamaan yang dibawa beliau. Saya teringat cerita bagaimana beliau ketika terlahir, seluruh semesta bersenandung gembira, beliau lahir dalam keadaan makhtunan maqtu' as-Surrah (sudah dikhitan semenjak lahir) dan beberapa keistimewaan lain. Sewaktu beliau beranjak dewasa sampai diangkat menjadi Nabi dan Rasul, banyak sekali keitimewaan-keistimewaan yang lazim disebut sebagai mukjizat bagi be